Sabtu, 05 Maret 2016

Kim Jong-un Perintahkan Semua Senjata Nuklir Siaga Setiap Saat


Kim Jong un Perintahkan Semua Senjata Nuklir Siaga Setiap Saat
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. | (KCNA/Reuters)
A+ A-
PYONGYANG - Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, memerintahkan semua senjata nuklir Pyongyang disiagakan penuh untuk mengatasi kebutuhan setiap saat.

Perintah diktator muda Korut itu disampaikan saat dia menghadiri uji tembak sebuah peluncur roket baru.

Kim Jong-un mendesak militernya untuk segera menggunakan sistem senjata yang dapat menghantam sasaran militer utama di Korea Selatan (Korsel).


Menurut kantor berita Korut, KCNA, Pyongyang juga akan merevisi postur militer. ”Untuk mengatasi ancaman secara pre-emptive,” tulis media Korut itu, seperti dikutip Sputniknews, Jumat (4/3/2016).

Langkah ini dilakukan hanya satu hari setelah Dewan Keamanan (DK) PBB  menjatuhkan sanksi baru yang keras terhadap Korut atas uji coba keempat senjata nuklir awal tahun ini.


(Baca: Respons Sanksi Keras DK PBB, Korut Tembakkan Rudal Jarak Pendek)


Sanksi DK PBB terhadap rezim Korut itu merupakan yang paling keras dalam 20 tahun. Sanksi itu juga mengacu pada peluncuran satelit terbaru Pyongyang, yang oleh PBB dianggap sebagai upaya terselubung untuk menunjukkan kemampuan rudal balistik jarak jauh Korut.

Menanggapi sanksi keras itu, Korut tidak gentar. Mereka justru menambakkan serangkaian rudal jarak pendek ke Laut Timur atau Laut Jepang.

Pengumuman perintah Kim Jong-un untuk menyiagakan semua senjata nuklir itu juga muncul menjelang latihan militer bersama yang akan dilakukan oleh Amerika Serikat dan Korea Selatan. Latihan itu digelar dengan mensimulasikan invasi terhadap Korut atau DPRK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar